Categories
AKTIVITAS KAMPUS

WEBINAR EKONOMI SYARI’AH 2020

“Millenial Enterpreneur”

Sistem Ekonomi Islam sudah saatnya menjadi pilar utama peradaban bisnis di Indonesia untuk mengembalikan kesejahteraan dan kemandirian ummat.
Tumbuh suburnya kegiatan bisnis yang islami secara otomatis akan menghilangkan praktik riba, gharar, maisir, haram, zalim, tipu-menipu, dan memakan harta dengan cara batil yang sangat menyengsarakan kehidupan manusia.

Di era digital yang serba cepat dan canggih ini dunia industri, bisnis, dan entrepreneurship berkembang begitu pesat. Perlu fondasi yang kuat untuk menopang kegiatan usaha yg dijalankan agar sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Pada hari Ahad, 27 September 2020 Prodi Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam bekerjasama dengan BNI Syariah Cabang Bogor, dan PT Asuransi Takaful Umum telah menyelenggarakan acara Webinar Ekonomi Islam dengan Tema Millenial Entrepreneur. Acara ini diikuti oleh 50 peserta. Acara ini berlangsung mulai Pukul 09.00 sampai dengan Pukul 12.00. Acara Webinar dibuka langsung oleh Ketua STAI Al-Hidayah Bapak Dr. Unang Wahidin, M.Pd.I., Beliau menyampaikan bahwa kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Prodi Perbankan Syariah STAI Al-Hidayah, BNI Syariah, dan Asuransi Takaful secara substansial sangat penting untuk memadukan konsep-konsep teoritis dengan konsep-konsep praktis pada transaksi bisnis ekonomi Islam.

Webinar ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada seluruh peserta yang bergabung dalam acara ini. Ada tiga materi yang disampaikan, materi pertama disampaikan oleh Dr. Sujian Suretno, S.Th.I., M.M. dengan judul “Strategi Bisnis Rasululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam. Materi ini membahas perjalanan bisnis Rosululloh SAW, sejak Beliau berusia 12 tahun sampai Beliau SAW diangkat menjadi Nabi.

Pokok materi mencakup strategi bisnis Rosululloh SAW, konsep dan model bisnis yang dijalankan, bagaimana Beliau menguasai pusat perdagangan di Kota Mekkah kemudian melakukan ekspansi dagang di Negeri Syam dan bekerjasama dengan Khodijah Rodiyallohu ‘Anha yang merupakan saudagar terkaya di kota Mekkah. Bagaimana akhlak Beliau dalam berbisnis, dan lain-lain. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Ichsan Mahyudi dengan judul Millennial Entrepreneur Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Materi ini membahas tentang konsep muamalah maaliyah secara komprehensif, mulai dari dasar-dasar ekonomi Islam, tujuan ekonomi Islam, dan transaksi bisnis dalam ekonomi Islam.

Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Tatang Nurhidayat, materi yang disampaikan berjudul “Risiko Bisnis Bagi Pebisnis Pemula”. Beliau menjelaskan bahwa penting sekali memahami dan mendalami peluang dan risiko dalam dunia bisnis. Peluang dan risiko yang selalu berdampingan harus dikelola dengan baik dengan berbagai metode yang tepat. Materi ini sangat penting sekali bagi pebisnis pemula untuk diaplikasikan dalam kegiatan bisnis.

Simak acara lengkapnya!!! klik link ini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *