Dosen STAI Al-Hidayah Bogor Ikuti Training of Trainer Penguatan Moderasi Beragama di Jakarta

Jakarta, 27 November – 03 Desember 2023 — Sarifudin, M.Si., dosen dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, ikut serta dalam Training of Trainer (ToT) Penguatan Moderasi Beragama bagi Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Administrasi Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Jakarta dari tanggal 27 November hingga 3 Desember 2023 dan meliputi 62 jam pelatihan.
Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan penerapan moderasi beragama di kalangan dosen perguruan tinggi keagamaan. Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam menyebarluaskan nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan akademik, khususnya di perguruan tinggi keagamaan.


Training of Trainer ini diselenggarakan bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, yang juga turut memberikan materi-materi yang berkaitan dengan teori dan praktik moderasi beragama, serta metodologi dalam menyampaikan dan mengajarkan konsep tersebut kepada mahasiswa.
Sarifudin, M.Si. yang mewakili STAI Al-Hidayah Bogor, menyatakan bahwa pelatihan ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya menjaga keseimbangan dalam beragama dan berpikir kritis, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan toleran. “Moderasi beragama sangat relevan untuk diterapkan di perguruan tinggi keagamaan, dan saya berharap dapat menerapkan ilmu yang saya dapatkan untuk memperkuat pemahaman tersebut di kalangan mahasiswa di STAI Al-Hidayah Bogor,” ujarnya.
Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi dosen-dosen untuk berinteraksi langsung dengan para ahli dan praktisi moderasi beragama, serta membangun jejaring yang lebih luas antar perguruan tinggi keagamaan di Indonesia.
Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan dapat tercipta suasana akademik yang lebih harmonis, yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai kebersamaan, toleransi, dan kedamaian

